Dalil Pernikahan

5 Dalil Pernikahan Dalam Al-Qur’an Beserta Artinya

Posted on

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dalil pernikahan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Adapun dalil pernikahan dalam hadits akan kita bahas dalam artikel terpisah biar gak terlalu panjang.

Yuk kita mulai..

MENIKAH… Siapa sih yang gak mau nikah. Para jomblo diluaran sana pasti pada pengen nikah. Bosen kan ditanya mulu, kapan nikah.. kapan nikah..

Tapi nikah itu gak bisa sembarangan, harus tau ilmunya. Dasar hukum dianjurkannya nikah juga harus tahu, baik dari Al-Qur’an ataupun Hadits. Maka sangat penting untuk berilmu sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

Seperti yang kita ketahui, anjuran menikah dalam agama kita ada banyak, baik itu dalam Al-Qur’an ataupun Hadits.

Adapun dalil yang menganjurkan kita untuk menikah dalam Al-Qur’an ada banyak. Namun kita akan bahas sekitar 5 ayat suci Al-Qur’an saja. Diantaranya adalah sebagai berikut.

5 Ayat Al-Qur’an Tentang Pernikahan

Ayat pertama sebagai dalil anjuran kita untuk menikah adalah QS. An-Nisa ayat 3

Allah Ta’ala berfirman,

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat.” (QS. An Nisa’: 3)

..

Ayat suci untuk pernikahan yang kedua adalah QS. Al-Anbiyaa ayat 89

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

“Dan (ingatlah kisah) Zakariya, tatkala ia menyeru Rabb-nya: ‘Ya Rabb-ku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkau-lah Waris Yang Paling Baik.’” (Al-Anbiyaa : 89).

..

Ayat suci yang ketiga sebagai dalil pernikahan adalah QS. Ar-Rad ayat 38

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum-mu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan..” (Ar-Ra’d : 38)

..

Ayat suci yang keempat adalah QS. An-Nur ayat 32

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya..” (An-Nuur : 32).

..

Kemudian ayat suci tentang dalil pernikahan yang kelima adalah QS. An-Nisa ayat 25

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ مِنْكُمْ طَوْلًا أَنْ يَنْكِحَ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ فَمِنْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ مِنْ فَتَيَاتِكُمُ الْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِإِيمَانِكُمْ بَعْضُكُمْ مِنْ بَعْضٍ فَانْكِحُوهُنَّ بِإِذْنِ أَهْلِهِنَّ وَآَتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ مُحْصَنَاتٍ غَيْرَ مُسَافِحَاتٍ وَلَا مُتَّخِذَاتِ أَخْدَانٍ فَإِذَا أُحْصِنَّ فَإِنْ أَتَيْنَ بِفَاحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى الْمُحْصَنَاتِ مِنَ الْعَذَابِ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ الْعَنَتَ مِنْكُمْ وَأَنْ تَصْبِرُوا خَيْرٌ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan barangsiapa di antara kamu (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini wanita merdeka lagi beriman, ia boleh mengawini wanita yang beriman, dari budak-budak yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu; sebahagian kamu adalah dari sebahagian yang lain, karena itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka, dan berilah maskawin mereka menurut yang patut, sedang merekapun wanita-wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) wanita yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya; dan apabila mereka telah menjaga diri dengan kawin, kemudian mereka melakukan perbuatan yang keji (zina), maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanita-wanita merdeka yang bersuami. (Kebolehan mengawini budak) itu, adalah bagi orang-orang yang takut kepada kemasyakatan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antara kamu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nisa’: 25)

Dalil Pernikahan Dalam Al-Qur’an

Diatas telah kita bahas 5 ayat suci Al-Qur’an sebagai dalil untuk menikah. Setelah kamu tahu beberapa dalil pernikahan, maka kamu seharusnya semakin yakin bahwa pernikahan adalah sesuatu yang dianjurkan dalam agama kita.

Jadi yang masih jomblo, yang belum ketemu jodohnya, sabar aja, gak usah galau, jodoh sudah ditentukan kok, cepat atau lambat insya Allah akan nikah pada waktunya.

Satu hal lagi yang perlu diketahui bahwa menikah juga membuka pintu rezeki lho.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *